APLIKASI FERMENTASI EKSTRAK TANAMAN/FERMENTED PLANT EXTRACT GPE) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL MENTIMUN JEPANG (Cucumis sativus L.) VARIETAS VENUS

APLIKASI FERMENTASI EKSTRAK TANAMAN/FERMENTED

PLANT EXTRACT GPE) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN

HASIL MENTIMUN JEPANG (Cucumis sativus L.)

VARIETAS VENUS

Edy Purwanto, di bawah bimbingan Ir. Supriyono, MP. dan Setiono, SP

Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo

2010

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh aplikasi FPE terhadap  pertumbuhan dan hasil mentimun jepang (Cucumis sativus L) di Kebun Praktek SMK Negeri 1 Koto Baru, Kecamatan Koto Baru, Kabupaten Dharmasraya. Dari tanggal 7 Juni sampai tanggal 16 Agustus 2014.

Fermentasi Ektrak Tanaman/ Fermented Plant Extract (FPE) merupakan salah satu bentuk pupuk organik yang dapat digunakan sebagai suplemen sekaligus dapat digunakan sebagai pestisida hayati.

Skripsi ini menyajikan hasil penelitian aplikasi FPE terhadap mentimun jepang. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan yang dicobakan meliputi A0 tanpa FPE, Al= 0,15 ml/lubang tanam, A2 = 0,30 ml/lb tanam, A3 = 0,45 ml/lb tanam, A4 =0,60 ml/lb tanam. Perlakuan diulang sebanyak 4 kali ulangan. Data hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam dan jika hasilnya berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Rank Test (DMRT) pada tanf 5%. Parameter yang diamati meliputi umur mulai berbunga jumlah ruas saat mulai berbunga, panjang tanaman, bobot buah, panjang buah dan jumlah buah.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi FPE tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan, dan hasil tanaman mentimun jepang varietas venus.

 

Kata kunci : FPE, pertumbuhan, mentimun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s