FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PADI SAWAII DI KECAMATAN RANTAU PANDAN KABUPATEN BUNGO

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI PADI SAWAII

DI KECAMATAN RANTAU PANDAN KABUPATEN BUNGO

Poniran, dibawah bimbingan Ir. Supriyono, MP dan Subagiono, SP

Program Studi Agribisnis Universitas Muara Bungo

ABSTRAK

Kegiatan usahatani padi sawah di Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo ini dilaksanakan bernrjuan untuk menghasilkan produksi padi sawah yangtinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi padi sawah di Kecamatan Rantau Pandan. Karena Kecamatan Rantau Pandan merupakan salah satu sentra produksi padi sawah di Kabupaten Bungo yang telah dilaksanakan program intensifikasi berupa penerapan teknologi panca usaha tani dengan baik. Selanjutnya datayang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data skunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan petani sampel yang terdiri dari pencurahan tenaga kerja keluarga, penggunaan sarana produksi bibit, penggunaan sarana produksi pupuk, penggunaan sarana produksi obat-obatan dan luas lahan garapan serta produksi padi sawah, kemudian data pendukung dalam penelitian ini adalah umur petani, Pendidikan formal petani terakhir, jumlah anggota keluarga dan status penguasaan lahan.

Penarikan jumlah petani sampel dilakukan secara acak sederhana sebanyak 74 orang. Data yan diperoleh dari petani sampel diolah dan dianalisis dengan menggunakan analisis fungsi Cobb-Douglas. Untuk mengetahui besamya pengaruh pencurahan tenaga kerja keluarga, penggunaan sarana produksi bibit, penggunaan sarana produksi pupuk, penggunaan sarana produksi obat-obatan dan luas lahan garapan secara bersama-sama terhadap produksi padi sawah digunakan uji F. Selanjutnya untuk mengetahui besarnya pengaruh variable bebas secara individu terhadap produksi padi sawah digunakan uji t.

Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh kesimpulan bahwa pencurahan tenaga kerja keluarga, penggunaan sarana produksi bibit, penggunaan sarana produksi pupuk, penggunaan sarana produksi obat-obatan dan luas lahan garapan berpengaruh sngat nyata dan positif, baik secara bersama-sama maupun individu terhadap produksi padi sawah di Kecamatan Rantau Pandan Kabupaten Bungo

 

Kata Kunci : Faktor proddksi, padi sawah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s