KINERJA PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN DALAM MEMBINA PETANI DI KECAMAAN PELEPAT ILIR

KINERJA PENYULUH PERTANIAN LAPANGAN DALAM MEMBINA PETANI

DI KECAMAAN PELEPAT ILIR

Ahmad Mahredi dibawah Bimbingan lr. H. Syaifirl Azhar, ME. Ir. Supriyono, MI’

Jurusan Agribisnis

Universitas Muara Bungo

Muara Bungo,2011

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Pelepat tempat ini dilakukan secara purposive (sengaja) dengan pertimbangan bahwa  Kecamatan Pelepat Ilir tersebut penduduknya mempunyai sumber rnata pencaharian berusaha tani padi sarvah, petani yang dijadikan sample berjumlah I7,  dan semua diambil untuk dijadikan responden dengan mengisi daftar pertanyaan (Quesioner).

Tingkat keberhasilan pembangunan pertanian sangat tergantung dengan kreatifitas masyarakat tani karena peranan sumber daya manusia sebagai subjek pembangunan. Untuk.itu kemampuan petani dalarn memberdayakan tanaman pangan perlu ditingkatkan melalui penyuluhan-penyuluhan pertanian yang  sudah merupakan program pemerintah. oleh karena itu pembangunan pertanian tanaman pangan harus ditingkatkan untuk memelihara kemantapan swaembada pangan, yaitu dengan meningkatkan pendapatan,. rnemperbaiki gizi, dan rneningkatkan hasil pertanian. Pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagaimana ppl mempunyai dua aspek penting, yaitu aspek fisik dan aspek non fisik. Aspek fisik menyangkut aspek yang berkaitan dengan jasmani, kesehatan, pangan dan perumahan. Aspek non fisik berkaitan dengan aspek mental, spiritual, intelektual dan profesionalisme termasuk didalamnya aspek keterampilan. Pengetahuan, keterampilan dan sikap terhadap teknologi baru dibutuhkan seorang PPL dalam penyuluhan, keterampilan, maupun sikap tentang teknologi baru dari pengalaman mereka sehari-hari. Tetapi prosesnya memerlukan waktu yang lama, sedangkan peningkatan produksi dan produktifitas, merupakan kebutuhan konsumsi pada umumnya. Oleh karena itu dibutuhkan kehadiran PPL khususnya untuk petani padi sawah. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu untuk mengetahui untuk mengetahui kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dalam membina petani di Kecamatan pelepat Ilir Kabupaten Bungo. Serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat rneningkatkan hasil pertanian padi sawah di Kabupaten Bungo.

Untuk mengetahui tingkat kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan dalam membina petani yang diukur dengan menggunakan skala liker dibagi menjadi 5 tingkatan. Penentuan lima tingkat kinerja, mengacu pada evaluasi.

 

Kata Kunci : Kinerja PPL Membina Petani

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s