PENGARUH BEBERAPA PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO ( Theobroma cacao L ) JENIS UPPER AMAZONE HIBRID ( UAII )

PENGARUH BEBERAPA PUPUK ORGANIK TERIIADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO

( Theobroma cacao L ) JENIS UPPER AMAZONE HIBRID ( UAII )

Sarwoko, di bawah bimbingan Ir. Supriyono, MP dan Setiono, SP

Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo

2010

ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat perlumbuhan bibit kakao ( Theobrome cqcao L ) dengan berbagai pupuk organik sebagai media tanam.Penelitian dilaksanakan pada awal Juni sampai pertengahan Oktober di Kebun Praktikum SMKN I Koto Baru Kabupaten Dharmasraya Propinsi Sumatera Barat. Lokasi yang terletak pada ketinggian 100 – 300 m dpl, jenis tanah PMK dengan pH 5,0 – 5,7. Bulan Basah antara September sampai dengan Pebruari, dan bulan kering arfiaraMaret sampai dengan Agustus. Curah hujan 2.304 mm/tahun. Rata-rata curah hujan 192 mm/bulan.

Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima ulangan. Terdiri atas P0 sebagai kontrol, Pl dengan media campur€m pupuk kotoran sapi, P2 dengan media campuran pupuk kotoran ayarn’ P3 dengan media campuran kompos jerami dan P4 dengan media campuran kompos kulit buah kakao.

Variabel yang diamati meliputi: Tinggi tanaman, Jumlah daun, Diameter batangdan Luas daun. Hasil pengamatan terhadap parameter yang diamati dianalisis dengan analisis ragam, apabila berpengaruh nyata dilakukan uji lanjut dengan uji jarak Duncan New Multiple Range Test (DNIT4RT) pada tataf SYo.

Hasil penelitian memperlihatkan tidak terdapat pengaruh perlakuan terhadap tinggi batang, jumlah daun dan diamster batang, tetapi berpengaruh nyata terhaciap total luas daun.

Kata kunci : Theobroma cacso I, prrpuk organik, perfambuhan’ bibit kakao.

2 thoughts on “PENGARUH BEBERAPA PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KAKAO ( Theobroma cacao L ) JENIS UPPER AMAZONE HIBRID ( UAII )

  1. Trimakasih..
    Judul skripsi ini mirip banget dengan judul skripsi sya,,sekarang saya sementara nyusun proposalnya,,tapi disini terlalu banyak kesulitan yang Aku temukan kesulitan, sperti: sistematika penyusunannya,,bagian Latar Belakang ,Tinjauan Pustaka, Krangka Pikir, dan Hipotesi..
    Saya sangat mengharapkan pembalasannya dan TRIMAKASIH SEBELUMNYA..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s