PENGARUH BOKASHI PUPUK KANDANG AYAM TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (Solonam melongenu L)

PENGARUH BOKASHI PUPUK KANDANG AYAM

TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (Solonam melongenu L)

 

Abdir Rahman, dl bawah bimbingan Hj. Eliza, SP,M.Si dan yeni Nasata, S.pt

Jurusan Agroteknotogi Fakultas pertanian Universitas Muara Bungo

2010

ABSTRAK

Penelitian percobaan ini dilaksankan dilahan percontohan Fakultas Pertanian Universitas Muara Bungo Dusun Sungai Binjai KM 6 Arah padang. Dimulai pada bulan April 2010 sarnpai Juli 20l0. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan dosis bokashi pupuk kandang ayam yang memberikan hasil terbaik pada tanarnan terung.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan 5 perlakuan 5 ulangan, adapun perlakuan tersebut adalah sebagai berikut :Bo (Tanpa perlakuan), B1 (Bokhasi pupuk kandang ayam 2,5 ton per hektar), B2 (Bokhasi pupuk kandang ayam 5 ton per hektar), B3 (Bokhasi pupuk kandang ayam 7,5 ton per hektar), B4 (Bokhasi pupuk kandang ayam 10 ton per hektar). Apabila terdapat pengaruh yang nyata maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range rest (DNMT) pada taraf 5 %.

Pararneter yang diamati adalah tinggi tanaman, luas daun, presentase bunga menjadi buah, jumlah buah, panjang buah, diameter buah, berat buah per tanaman, berat ton per hektar. Dari hasil penelitian menujukan bahwa pemberian bokashi pupuk kandang ayam memberikan pengaruh yang sangat nyata (P < 0,01) terhadap berat ton per hektar tanaman teruog dan untuk yang berbeda nyata yaitu tinggi tanaman dan luas daun. Sedangkan terhadap persentase bunga menjadi buah, jumlah buah, panjang buah, diameter buah dan berat buah pertanaman tidak memberikan pengaruh yang nyata.  Pemberian bokashi pupuk kandang ayam dengan dosis l0 ton per hektar memberikan pengaruh yang terbaik dari dosis lainnya.

 

Kata kunci : Bokashi pupuk kandang ayam dan tanaman terung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s